PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (PPM) TIM JURUSAN AKUNTANSI

Tim PPM Jurusan Akuntansi Polnep yang terdiri dari dosen Jurusan Akuntansi yakni Zulham Al Farizi, SE, M.Acc (Ketua) dan anggota-anggota Linda Suherma, SE, M.Si, Kartawati Mardiah, SE, MM, Ak, CA, YaniRiyani, SE, MSA, Ninik Kurniasih, SE, MM, Ak, CA, Susan Andriana, SE, MM, Ak, CA, Rika Irawati, S.Pd, M,Pd melaksanakan kegiatan seminar, pelatihan dan pendampingan pada tanggal 4 s.d. 5 Oktober 2017 bertempat di ruang rapat lantai 3 Politeknik Negeri Pontianak yang telah disiapkan sebelumnya.Tema kegiatan adalah “Integrasi Sistem Pencatatan Keuangan Berbasis Accounting Software Dengan Pelaporan Pajak Berbasis e-SPT Untuk Usaha Kecil Menengah di Kota Pontianak”

Jumlah peserta yang mengkuti kegiatan adalah 30 peserta yang berasal dari beragam kalangan pelaku usaha. Para pelaku usaha yang mengikuti kegiatan ini tersebar di kota Pontianak yakni dari daerah P. Dara Nante, Jl, Surya, Podomoro, Komyos Sudarso, Paris 2, Veteran, Serdam, Swignyo, Ali Anyang, Jl A Yani, Paris 1, JlTabrani Ahmad, Purnama, Pangeran Natakusuma, Pal 5, Dansen, Jl Cemara, Husien Jamzah, Jl Ujung Pandang. Pelaku usaha juga tersebar ke dalam beberapa kelompok usaha. Usaha-usaha yang mereka geluti yakni, Dagang, Produksi (seperti stik keladi, sirup, the rosella, kuekering, brownis), Koveksi, Herbal, Penjahit, Kuliner, Catering, Tanahaman, Jasa service HP.

Materi yang disampaikanmeliputi: Pengantar (pengenalan) Kewajiban Penyusunan Laporan Keuangan, Langkah Awal Penyusunan Laporan Keuangan – set up, Praktik – penyusunan laporan keuangandengan software akuntansi, Pengenalan e-SPT tahunan WP OP, Praktik Penyusunan Laporan Pajak – e SPT, Pemaparan Materi Integrasi Laporan Keuangan & Pajak dan Praktik – Integrasi Laporan Keuangan & Pajak. Menurut ketua pelaksana kegiatan ini bertujuan salah satunya adalah memberikan skill kepada pelaku usaha untuk secara mandiri menyelenggaran pembukuan transaksi keuangan dan menyusunnya menjadi sebuah laporan keuangan menggunakan teknologi. Tidak hanya itu pelatihan ini menggunakan sistem praktik langsung karena diberikan kepada pihak yang memerlukan praktik sehari-hari sehingga menjamin keahlian akan langsung terbentuk. Selain laporan keuangan, kegiatan ini bertujuan memberikan skill kepada pelaku usaha untuk mampu menyusun laporan perpajakannya menggunakan e-SPT dan e-Filing.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Pemerintah Kota Pontianak Melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan dengan Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Politeknik Negeri Pontianak. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa untuk memberi pengalaman bagi mereka. Hasil dari kegiatan ini akan diseminarkan nantinya pada tanggal 29-30 November 2017 di POLNEP.

 

 

Zulham 27/11/2017