Tentang Akuntansi

I. Prodi D-3 Akuntansi
Program Studi Akuntansi dengan jenjang pendidikan program Diploma Tiga (D-3) dibuka pada tahun akademik 1997/1998 di bawah naungan Jurusan Tataniaga berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor:75/DIKTI/Kep/1997 tentang Pembentukan Program Studi Akuntansi D-III Akuntansi dan Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran di Politeknik Negeri Pontianak.
Pada Tahun 2000, Jurusan Tataniaga dimekarkan menjadi dua jurusan yaitu Jurusan Akuntansi dan Administrasi Bisnis berdasarkan Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Pontianak Nomor: 754/N16/PP/2000. Jurusan Akuntansi inilah selanjutnya mandiri menjadi salah satu dari 7 (tujuh) jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Pontianak, yang dikenal dengan nama Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi dengan jenjang Diploma III (DIII).
Jurusan Akuntansi sudah memperoleh status akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) sesuai dengan surat nomor 014/BAN-PT/Ak-V/Dipl-III/XII/2005, tanggal 22 Desember 2005. Pada tahun 2003 Jurusan akuntansi memenangkan hibah kompetisi TPSDP batch III untuk tahun 2004-2007 dengan program penguatan program studi akuntansi untuk bidang akuntansi keuangan sektor privat dan Hibah K1 Inherent tahun 2007.
Sebagai bentuk pengembangan program hibah tersebut, Jurusan Akuntansi mempersiapkan program studi baru dengan jenjang pendidikan Diploma IV (DIV) Akuntansi Sektor yang setara dengan jenjang pendidikan Strata 1 (S-1) dan pada Tahun Akademik 2008/2009 ini sudah menerima mahasiswa.

Jurusan Akuntansi pada Politeknik Negeri Pontianak dibuka pada tahun akademik 1997/1998 sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor:75/DIKTI/Kep/ 1997. Pada awal berdirinya dibuka program studi D3 Akuntansi Keuangan. Setelah meluluskan tenaga profesional di bidang akuntansi keuangan pada tahun akademik 2008/2009 membuka program studi D4 sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 2131/DT/T/2008.
Jurusan Akuntansi sudah memperoleh status akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) sesuai dengan surat nomor 014/BAN-PT/Ak-V/Dipl-III/XII/2005, tanggal 22 Desember 2005. Pengakuan jurusan akuntansi pada tingkat nasional terus meningkat, tahun 2003 Jurusan akuntansi memenangkan hibah kompetisi TPSDP batch III (program hibah yang dikembangkan Dirjen Ditti dan Asia Development Bank) untuk program penguatan program studi akuntansi tahun 2004-2007 dan pada tahun 2007 memperoleh Hibah K1 Inherent yang memungkinkan jurusan akuntansi masuk dalam jaringan perguruan tinggi yang dapat melakukan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi (e-learning).
Sejak dibukanya program studi Diploma IV (DIV) Akuntansi Sektor Publik yang setara dengan jenjang pendidikan Strata 1 (S-1) pada tahun akademik 2008/2009, program studi ini telah mendapat respon positip dari masyarakat.
Berdasarkan Visi, misi Polnep, ditetapkan visi dan misi Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi sebagai berikut :
Visi Program Studi Akuntansi
Pada tahun 2020, Program studi akuntansi merupakan market leader program studi vokasi di tingkat regional Kalimantan.
Misi Program Studi Akuntansi
a. Menyelenggarakan pendidikan vocasional bidang akuntansi dan penelitian terapan bagi kesejahteraan masyarakat guna menunjang upaya pembangunan nasional, sesuai dan sepadan dengan kebutuhan masyarakat
b. Membina dan mengembangkan profesionalisme yang sehat dan dinamis
c. Mengembangkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berbasis Industri Pertanian dan Kelautan untuk peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat dengan memberdayakan sumber daya program studi secara optimal

D-III Jurusan Akuntansi memiliki sistem perkuliahan :
1.Ditempuh selama 6 semester (3 tahun).
2.Komposisi mata kuliah 60% praktek dan 40 % teori.
3.Menggunakan ‘Dual System’, yaitu pembelajaran tatap muka di kelas/labolatorium dan terjun kelapangan dalam bentuk praktikum kerja lapangan (PKL). Hal ini dilakukan agar teori yang disampaikan tatap muka di kelas/laboratorium sesuai dengan praktek kerja di lapangan atau di kantor pemerintah dan swasta lainnya.

Prospek Program D-III Akuntansi dapat ditampung baik instansi pemerintah pusat, instansi pemerintah daerah, instansi swasta, BUMN, BUMD, lainnya.

II. Prodi D-4 Jurusan Akuntansi
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Sisdiknas,2003).

Politeknik Negeri Pontianak sebagai salah satu lembaga pendidikan bercirikan pendidikan vocasional berkomitmen untuk turut mengembangkan pendidikan nasional khususnya di Propinsi Kalimantan Barat melalui penyiapan tenaga akuntansi di bidang akuntansi sektor publik dengan penekanan kompetensi pada penyiapan tenaga profesional dibidang akuntansi keuangan negara dan keuangan daerah.

Hal ini sejalan dengan tuntutan akuntabilitas dan transparansi pada pengelolaan keuangan negara/daerah, yang dapat mendorong terciptanya good governance melalui sistem pendidikan yang menekankan kepada kebutuhan ril tenaga di bidang akuntansi sektor publik. Fakta menunjukan bahwa kualitas pengelolaan keuangan daerah di Indonesia masih belum optimal. Hal ini tercermin dalam berbagai kondisi sebagai berikut :
1. Laporan pertanggungjawaban pemerintah daerah hanya berupa perhitungan APBD dan Nota Perhitungan APBD. Pemda tidak menyusun Neraca, Laporan Arus Kas, Catatan atas Laporan Keuangan, yang bersama dengan Laporan Realiasasi Anggaran, merupakan perwujudan yang lengkap dari akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah.
2. Sistem akuntansi keuangan daerah masih belum teritegrasi dan belum dapat dihandalkan sebagai dasar dalam penyusunan laporan keuangan. Sistem keuangan daerah yang ada pada waktu itu masih bersifat manual yang belum mampu secara tepat waktu menyusun perhitungan APBD dengan akurat.
3. Sistem perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan belum optimal dijalankan baik pada tingkat eksekutif maupun legislatif.
4. Sistem Pengendalian Intern pengelolaan keuangan daerah masih rendah kualitasnya. Jumlah temuan yang masih sangat besar, menurut data BPK jumlah temuan pada pemerintah daerah masih cukup tinggi, untuk tahun 2005 sebesar 76% dari seluruh jumlah temuan, untuk tahun 2006 semester I meningkat sebesar 89%.

Jurusan Akuntansi pada Politeknik Negeri Pontianak dibuka pada tahun akademik 1997/1998 sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor:75/DIKTI/Kep/ 1997. Pada awal berdirinya dibuka program studi D3 Akuntansi Keuangan. Setelah meluluskan tenaga profesional di bidang akuntansi keuangan pada tahun akademik 2008/2009 membuka program studi D4 sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 2131/DT/T/2008.
Jurusan Akuntansi sudah memperoleh status akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) sesuai dengan surat nomor 014/BAN-PT/Ak-V/Dipl-III/XII/2005, tanggal 22 Desember 2005. Pengakuan jurusan akuntansi pada tingkat nasional terus meningkat, tahun 2003 Jurusan akuntansi memenangkan hibah kompetisi TPSDP batch III (program hibah yang dikembangkan Dirjen Ditti dan Asia Development Bank) untuk program penguatan program studi akuntansi tahun 2004-2007 dan pada tahun 2007 memperoleh Hibah K1 Inherent yang memungkinkan jurusan akuntansi masuk dalam jaringan perguruan tinggi yang dapat melakukan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi (e-learning).
Sejak dibukanya program studi Diploma IV (DIV) Akuntansi Sektor Publik yang setara dengan jenjang pendidikan Strata 1 (S-1) pada tahun akademik 2008/2009, program studi ini telah mendapat respon positip dari masyarakat.
1. Visi dan Misi Jurusan Akuntansi
Berdasarkan Visi, misi Polnep, ditetapkan visi dan misi Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi Sektor Publik sebagai berikut :

Visi Program Studi Akuntansi Sektor Publik
Maka Visi Program studi adalah :
“ Pada tahun 2027 Program Studi DIV Akuntansi Sektor Publik merupakan mitra terbaik dan terpercaya untuk organisasi sektor publik di wilayah regional Kalimantan”

Misi Program Studi Akuntansi Sektor Publik
– Menyelenggarakan pendidikan vokasi dan penelitian terapan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat guna menunjang upaya pembangunan nasional, sesuai dan sepadan dengan kebutuhan masyarakat.
– Membina dan mengembangkan profesionalisme yang sehat dan dinamis.
– Mengembangkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan sumberdaya jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak secara maksimum.

2.Tujuan dan Sasaran Jurusan Akuntansi
Adapun tujuan dari jurusan akuntansi adalah sebagai berikut :
a. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang akuntansi untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang mempunyai keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif.
b. Melaksanakan penelitian terapan dalam rangka pengembangan iptek untuk menunjang upaya pembangunan nasional, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan industri pertanian dan kelautan.
c. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan iptek melalui prakarsa dan peran aktif dalam membantu membangun desa tertinggal dan mengentaskan kemiskinan dengan jalan memberikan pelayanan jasa, manajemen dan teknologi
d. Membina dan mengembangkan iklim kehidupan akademik yang sehat dan dinamis untuk membentuk masyarakat ilmiah yang menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran, terbuka, kritis, bertanggungjawab, kreatif, inovatif dan tanggap terhadap perubahan jaman.
e. Membina dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan program studi lain, instansi pemerintah, industri, lembaga pendidikan lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
f. Meningkatkan kinerja program studi pada semua aspek kegiatan yang menjadi misi Polnep secara keseluruhan agar menjadi lembaga pendidikan tinggi terbaik dan terpercaya baik di tingkat nasional maupun internasional.

Setelah mengikuti pendidikan di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak, mahasiswa memiliki keahlian/keterampilan sebagai berikut:
1. Memiliki pengetahuan tentang proses akuntansi dan keterampilan dalam menyusun laporan keuangan pemerintah baik pusat maupun daerah, perusahaan jasa, dagang, manufaktur, dan organisasi sektor publik lainnya.
2.Memiliki pengetahuan tentang proses pemeriksaan (audit) dan ketrampilan tehnis dalam melakukan pemeriksaan (audit) untuk organisasi bisnis maupun organisasi sektor publik
3. Memiliki keterampilan dalam penyusunan sistem akuntansi pemerintahan
4. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan / manajerial keuangan organisasi sektor publik, proyek maupun organisasi bisnis
5. Memiliki keterampilan dalam melakukan analisa-analisa keuangan, ekonomi, maupun investasi publik
6. Memiliki keterampilan dalam pembuatan anggaran organisasi bisnis maupun organisasi pemerintahan (sektor publik)
7. Memiliki keahlian dalam penyusunan laporan keuangan menggunakan komputer (komputerisasi akuntansi)
8. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis serta mampu mengoperasikan komputer sebagai keterampilan penunjang dalam bekerja

Untuk mencapai kualifikasi tersebut, maka kompetensi lulusan dari program studi D.IV Akuntansi Sektor Publik adalah : Lulusan yang memiliki keterampilan dalam bidang Akuntansi Sektor Publik dengan moral, kreativitas dan kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan rincian kompetensi sebagai berikut :
Kompetensi Utama : Bidang Akuntansi Sektor Publik
Value added: 1. Teknologi informasi dan bahasa Inggris
2. Kepribadian (moral, kreativitas dan kemampuan b beradaptasi yang tinggi).
Sertifikasi: 1. Ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa
2. Ujian sertifikasi brevet pajak

Jurusan Akuntansi Sektor Publik memiliki sistem perkuliahan :
1. Ditempuh selama 8 semester (4 tahun).
2. Komposisi mata kuliah 60% praktek dan 40 % teori.
3. Menggunakan ‘Dual System’, yaitu pembelajaran tatap muka di kelas/labolatorium dan terjun kelapangan dalam bentuk praktikum kerja lapangan (PKL). Hal ini dilakukan agar teori yang disampaikan tatap muka di kelas/laboratorium sesuai dengan praktek kerja di lapangan atau di kantor pemerintahan daerah dan instansi sektor publik lainnya.

Prospek Program DIV Akuntansi Sektor Publik dapat ditampung baik instansi pemerintah pusat, instansi pemerintah daerah, instansi swasta, BUMN, BUMD, lembaga sektor publik lainnya.