PROFIL D4 PERPAJAKAN

PROFIL PROGRAM STUDI  SARJANA TERAPAN AKUNTANSI PERPAJAKAN

Program Studi Akuntansi Perpajakan merupakan salah satu Program Sarjana Terapan di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak yang memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang professional dan inovatif di bidang Akuntansi pada umumumnya dan Perpajakan pada khususnya. Program studi  Politeknik Negeri Pontianak yaitu Program Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan dengan kualifikasi level 6 (enam) KKNI. Program Studi Akuntansi Perpajakan adalah cabang akuntansi yang berkaitan dengan pengelolaan dan pelaporan aspek perpajakan dalam melakukan kegiatan bisnis suatu entitas. Akuntansi perpajakan merupakan pengetahuan penting yang harus dipahami wajib pajak. Akuntansi perpajakan diperlukan untuk mendapatkan perhitungan pajak yang akurat. Program Studi ini bertujuan untuk memenuhi permintaan pasar kerja akan tenaga kerja tingkat Sarjana Terapan di bidang Akuntansi khususnya yang fokus dibidang perpajakan yang semakin berkembang dengan pesat.

VISI

“Menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam akuntansi dan perpajakan, mempersiapkan lulusan untuk menjadi profesional yang adaptif dan berdaya saing di pasar kerja global.”

MISI

  1. Menyediakan Kurikulum Berbasis Keterampilan: Mengembangkan kurikulum yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktis dalam akuntansi dan perpajakan, yang mencakup penggunaan perangkat lunak terkini, studi kasus industri, dan pelatihan praktis.
  2. Melaksanakan program pendidikan yang memfokuskan pada akuntansi perpajakan untuk mengembangkan tenaga ahli sarjana terapan yang kompeten dalam praktik perpajakan dan memiliki keahlian yang kuat dalam akuntansi keuangan dan menghasilakan lulusan yang cerdas, terampil, serta memiliki kemampuan manajerial yang unggul, terutama dalam penerapan perpajakan internasional
  3. Meningkatkan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang akuntansi dan perpajakan yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Membangun dan meningkatan Kerjasama kepada mitra dan institusi dalam pengembangan program studi sarjana terapan akuntansi perpajakan dan mendukung mendukung keberlanjutan pemanfaatan sumber daya manusia yang trampil dalam bidang akuntansi perpajakan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

I. ASPEK SIKAP

I.1     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
I.2     Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
I.3     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
I.4     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
I.5     Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
I.6     Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
I.7     Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
I.8     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
I.9     Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
I.10   menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
1.11  Menunjukan sikap dan perilaku yang sesuai dengan etika profesi akuntan.

II. ASPEK PENGETAHUAN

II.1    Menguasai konsep akuntansi keuangan yaitu identifikasi transaksi, penjurnalan transaksi, posting buku besar dan penyusunan laporan keuangan serta pelaporannya kepada pengguna laporan keuangan
II.2    Menguasai konsep dan peraturan perpajakan, definisi wajib pajak, definisi objek pajak dan termasuk jenis-jenis pajak penghasilan yang ada di Indonesia
II.2    Menguasai cara penentuan besarnya pajak terutang yaitu konsep penentuan dasar pengenaan pajak, perhitungan pajak terutang, perhitungan retrisbusi terutang, perhitungan PBB P2 terutang dan menghitung BPHTB terutang.
II.3    Menguasai perhitungan pembayaran atau Penyetoran pajak dengan menyiapkan dan mengisi Surat Setoran Pajak (SSP), cara melakukan pembayaran atau penyetoran Pajak dan retribusi daerah.
II.4    Menguasai cara Pelaporan pajak yaitu cara Menyiapkan, mengisi dan menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT)
II.5    Menguasai praktik koreksi fiskal atau rekonsiliasi fiskal diantaranya perbedaan antara laporan komersial dan laporan fiskal, perhitungan koreksi fiskal positif dan koreksi fiskal negatif, dan cara melakukan penyusunan rekonsiliasi fiskal. 
II.6    Menguasai konsep pelaksanaan hak dalam upaya hukum perpajakan yaitu pengajuan banding, gugatan dan peninjauan kembali.
II.7   Menguasai konsep Pelaksanaan Hak dalam Upaya Administrasi perpajakan
II.8 Mengetahui Pelaksanaan hak dalam pendaftaran (Memperoleh tanda bukti sebagai wajib pajak, pengusaha kena pajak, wajib pabean) dan penutupan sebagai wajib pajak (Mengajukan penghapusan dan pencabutan NPWP, pengusaha kena pajak, NPWD dan NIK serta nomor registrasi
II.9    Menguasai pelaksanaan kewajiban dalam hal pemeriksaan dan penyidikan termasuk menyiapkan dan memberikan keterangan pada saat pemeriksaan pajak, membuat dan menyampaikan tanggapan tertulis atas surat pemberitahuan hasil pemeriksaan (SPHP), menganalisis hasil pemeriksaan, menyiapkan penandatanganan berita acara hasil pemeriksaan, menerima surat perintah penyidikan, memberikan keterangan yang diminta oleh penyidik, dan menyiapkan penandatanganan berita acara penyegelan dan/atau penyitaan
II.10  Mengetahui pelaksanaan hak dalam Penyetoran, pelaporan dan pemeriksaan pajak yaitu cara mengajukan permohonan angsuran pajak, mengajukan permohonan penundaan pembayaran pajak, mengajukan pengungkapan kesalahan dalam Surat Pemberitahuan (SPT)/SPTPD, mengajukan kompensasi dan restitusi pajak
II.11  Menguasai konsep Pelaksanaan hak atas fasilitas perpajakan
II.12  Menguasai perpajakan internasional
II.13  Menguasai aplikasi pendukung dalam perpajakan termasuk didalamnya penggunaan aplikasi pengolah angka dan aplikasi perpajakan (e-SPT)
II.14  Menguasai konsep manajemen/perencanaan pajak dan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku

III. ASPEK KETERAMPILAN UMUM

III.1   Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
III.2   Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
III.3   Mampu mengkaji kasus penerapan ilmupengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
III.4   Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
III.5   Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
III.6   Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama didalam maupun di luar lembaganya.
III.7   Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
III.8   Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
III.9   Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

IV. ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS

IV.1  Mampu melakukan pencatatan atas transaksi perpajakan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku
IV.2  Mampu membuat bukti potong atas PPh pasal 21, 22, 23, 26 dan PPN sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.
IV.3  Mampu menyajikan Surat Setoran Pajak (SSP) atas Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
IV.4  Mampu mengindentifikasi, menghitung dan menyajikan Surat Pemberitahuan (SPT) atas: Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi, Pajak Penghasilan (PPh) Badan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) untuk entitas pemerintah dan orgaisasi nirlaba sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dengan memanfaatkan  teknologi informasi atau manual secara mandiri
IV.5  Mampu melakukan perhitungan koreksi fiskal, non deductible expense, deductible expense, pendapatan yang bukan objek pajak dan pendapatan yang dikenakan pph final
IV.6  Mampu melakukan Praktik rekonsiliasi atas laba akuntansi sehingga menghasilkan laba fiskal sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia
IV.7  Mampu memahami dan menganalisa sengketa pajak dan proses dalam pengadilan pajak
IV.8  Mampu menghitung pajak atas transaksi internasional
IV.9  Ketrampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam teknik kepabeanan di bidang impor, ekspor, dan teknik cukai
IV.10 Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak (aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah data, aplikasi presentasi dan aplikasi akuntansi) dalam rangka penyusunan laporan keuangan, anggaran, administrasi perpajakan dan pengauditan.

Profil Lulusan Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan

NoProfil LulusanDeskripsi Profil
1.A­nalis – Manajer Pajak (DUDI)Lulusan memiliki kemampuan dalam merencanakan dan bertanggung jawab dalam memastikan proses perhitungan dan pelaporan pajak terhutang entitas bisnis atau perusahaan dimana ia berkerja agar semua aspek perpajakan berjalan lancar sesuai ketentuan, melalui aktivitas tata kelola yang baik dan membuat sistem perpajakan secara manual dan elektronik yang mengacu pada etika profesi yang berlaku serta menyusun manajemen perpajakan yang akurat dan efektif guna mendukung pengambilan keputusan top manajemen dan pemegang saham.
2.Penelaah Pajak (KKP)Lulusan memiliki kemampuan untuk melakukan aktivitas sebagai penyedia jasa konsultasi perpajakan dan manajemen sengketa pajak
3.Pemeriksa Pajak (KAP)lulusan memiliki kemampuan dalam memberikan jasa pemeriksaan dan pelaporan pajak sesuai aturan yang berlaku atas entitas tunggal maupun multibisnis baik skala nasional dan global apakah sebagai tim auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) maupun kebutuhan jasa pemeriksa pajak lainnya secara individu.
4.Penyuluh Pajak (DJP)lulusan memiliki kemampuan dalam memberikan jasa layanan dan penyuluhan serta sosialisasi tentang peraturan perpajakan dan pelaporan pajak apakah sebagai tim Fungsional Penyuluh Pajak Direktorat Jenderal Pajak atau individu kepada orang pribadi maupun kelompok atau badan usaha bagi yang membutuhkan baik skala nasional dan global sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
5.Konsultan pajak internasionalLulusan memiliki kemampuan dalam Perpajakan Internasional yaitu menyusun pelaporan perpajakan, menganalisis perencanaan perpajakan, memahami tentang sengketa, keberatan, banding pajak dan mengevaluasi penyusunan pajak

Kurikulum Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan

 KURIKULUM
PROGRAM STUDI AKUNTASI PERPAJAKAN
Kode MKSMTMATA KULIAHSKSTEORIPRAKTEK
APJ111241Pendidikan Agama220
APJ123241Bahasa Inggris 1211
APJ131241Pancasila220
APJ141241Bahasa Indonesia220
APJ153241Matematika Keuangan dan Bisnis312
APJ163241Pengantar Akuntansi 1321
APJ171241Pengantar Ilmu Ekonomi220
APJ181241Pengantar Manajemen dan Bisnis330
  Total Semester 119154
KODE MKSMTMATA KULIAHSKSTEORIPRAKTEK
APJ213242Bahasa Inggris II211
APJ221242Pendidikan Kewarganegaraan220
APJ233242Pengantar Akuntansi321
APJ243242Perpajakan211
APJ253242Sistem Informasi Akuntansi312
APJ263242Statistika Bisnis312
APJ271242Kewirausahaan220
APJ282242Komputer Bisnis 1202
  Total Semester 219109
KODE MKSMTMATA KULIAHSKSTEORIPRAKTEK
APJ313243Akuntansi Keuangan Menengah 1321
APJ323243Akuntansi Biaya312
APJ331243Komunikasi Bisnis220
APJ343243PPN dan PPNBM211
APJ353243PPH Wajib pajak Orang Pribadi312
APJ362243Komputer Bisnis II202
APJ372243Praktik Perpajakan202
APJ382243Praktik Akuntansi Dagang dan Jasa202
  Total Semester 319712
KODE MKSMTMATA KULIAHSKSTEORIPRAKTEK
APJ413244Akuntansi Keuangan Menengah II312
APJ423244Akuntansi Manajemen312
APJ433244Kepabeanan211
APJ443244PPH Wajib Pajak Badan312
APJ451244Etika Bisnis dan Profesi220
APJ462244Komputer Akuntansi I202
APJ472244Praktik Akuntansi Industri202
APJ482244Praktikum PPH Wajib Pajak Orang Pribadi202
  Total Semester 419613
KODE MKSMTMATA KULIAHSKSTEORIPRAKTEK
APJ513245Akuntansi Perpajakan312
APJ523245Akuntansi Keuangan Lanjutan312
APJ533245Akuntansi Sektor Publik211
APJ543245Pajak Daerah dan Retribusi211
APJ553245Penganggaran211
APJ562245Komputer Akuntansi II202
APJ571245Metodologi Penelitian330
APJ582245Praktikum PPH Wajib Pajak Badan202
  Total Semester 519811
KODE MKSMTMATA KULIAHSKSTEORIPRAKTEK
APJ613246Manajemen Keuangan211
APJ623246Pengauditan211
APJ633246Perencanaan Pajak312
APJ641246Pemeriksaan Pajak220
APJ653246Perpajakan Internasional312
APJ663246Teknik Penulisan Karya ilmiah211
APJ672246Praktikum Komputer Perpajakan303
APJ681246Manajemen Strategi220
  Total Semester 619910
KODE MKSMTMATA KULIAHSKSTEORIPRAKTEK
APJ711247Sistem Pengendalian Manajemen220
APJ723247Analisa Laporan Keuangan312
APJ733247Audit Untuk Tujuan Tertentu312
APJ741247Teori Akuntansi110
APJ753247Sengketa dan Peradilan Pajak312
APJ763247Seminar Akuntansi dan Perpajakan312
APJ772247Praktik Pengauditan202
APJ782247Praktikum Akuntansi Keuangan Lanjutan202
  Total Semester 719712
 
KODE MKSMTMATA KULIAHSKSTEORIPRAKTEK
APJ812248Praktek Kerja Lapangan606
APJ822248Tugas Akhir606
  Total Semester 812012
  Total SKS Teori dan Praktek1456283

EMAIL

apjpolnep@gmail.com

GELAR

Gelar yang akan diperoleh lulusan sarjana terapan akuntansi perpajakan adalah S.TR.Ak